Mahasiswa Fikes Mulai Akrab dengan Digital Learning dan Digital Library Sebagai Sarana Pembelajaran

Mahasiswa Fikes Mulai Akrab dengan Digital Learning  dan Digital Library Sebagai Sarana Pembelajaran

Dekan Fikes, Nurhalina, SKM, M. Epid (tengah) dan mahasiswa menyimak aplikasi pembelajaran M3 yang ditunjukkan Tim PT. Yapindo Jaya Abadi (kanan), Kamis (07/11).

Palangka Raya- Menghadapi tantangan standar kualitas pendidikan yang semakin tinggi ditengah era digitalisasi sekarang ini, terutama di bidang ilmu kesehatan maka Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UM Palangkaraya melihat hal ini sebagai tuntutan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi lulusannya. Salah satu caranya yaitu melalui kegiatan pengenalan sarana pembelajaran digital (digital learning) maupun perpustakaan digital (digital library) yang dapat membantu mahasiswa Fikes meningkatkan keilmuan dan kompetensinya dengan berbagai sumber-sumber ilmu up to date yang dapat diakses kapan saja serta mudah dipahami.

Kegiatan ini berlangsung pada 7 November 2019 di Perpustakaan Fikes UM Palangkaraya, untuk mempelajari dan berdiskusi tentang aplikasi Micron Medical Multimedia (M3). Aplikasi ini dilengkapi dengan bahan ajar ilmu kesehatan, perpustakaan digital maupun soal Computer Based Test (CBT) yang dapat dioperasikan melalui komputer, laptop, dan smartphone mahasiswa.

“Terbatasnya sumber informasi dan buku-buku kesehatan di Kalteng membuat pembelajaran dan perpustakaan digital menjadi sebuah kebutuhan bagi mahasiswa Fikes untuk mencari buku maupun jurnal kesehatan. Selain itu, mahasiswa dapat belajar berbagai contoh soal-soal try out uji kompetensi yang akan menjadi syarat kelulusan (exit exam)” Ungkap Bu Nurhalina, SKM, M. Epid saat ditemui kemarin.

Selanjutnya kegiatan ini akan ditindak lanjuti oleh pihak Fikes dan penyedia aplikasi untuk melakukan sosialisasi lebih lanjut kepada seluruh mahasiswa Fikes dan dapat dimungkinkan adanya kerjasama yang saling menguntungkan melalui MoU.

 

Kemahasiswaan dan Humas FIK UM Palangkaraya

 

214 Mahasiswa Fikes Disumpah Profesi Sebagai TTK dan ATLM

214 Mahasiswa Fikes Disumpah Profesi Sebagai TTK dan ATLM

Para Mahasiswa beserta Rektor dan jajaran, Pimpinan Organisasi PAFI dan PATELKI, Dinkes Provinsi KalTeng, Rohaniawan, Dekan Fikes, Kaprodi Ankes dan Farmasi, Kamis (19/09).

Palangka Raya- Tahun ini Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) kembali melakukan sumpah janji profesi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) terhadap 214 mahasiswa prodi Farmasi maupun prodi Analis Kesehatan yang bertempat di Ballroom Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya (19/09).

Sumpah janji profesi merupakan pengukuhan sumpah/janji seorang mahasiswa yang namanya telah tercantum dalam SK yudisium yang dikeluarkan oleh Rektor. Sumpah janji profesi lulusan telah menjadi agenda rutin sebagai tanda bahwa Saudara/Saudari para mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UM Palangkaraya telah menyelesaikan pendidikan jenjang Diploma III yang berhak menyandang gelar AMd. Farm untuk Farmasi sebagai profesi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan Amd. AK untuk Analis Kesehatan sebagai profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM).

Pengambilan sumpah janji profesi ini diharapkan menjadi bekal untuk menegakkan kebenaran dan kejujuran dengan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan yang sesuai tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah serta menjadi wujud nyata Muhammadiyah dalam mendukung berbagai lini kehidupan terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

 

Kemahasiswaan dan Humas FIK

Pengenalan Fakultas Ilmu Kesehatan Kepada Mahasiswa Baru

Pengenalan Fakultas Ilmu Kesehatan Kepada Mahasiswa Baru

Mahasiswa tampak antusias mendengarkan penjelasan dari Kepala Tata Usaha FIK, Ibu Kamaliah, S.Hut., M. Si. di Aula PWM Kalteng dalam rangkaian acara P2KK dan PTOS, rabu (4/9).

Palangka Raya-Fakultas Ilmu Kesehatan UM Palangkaraya melaksanakan perkenalan kepada mahasiswa baru Prodi Analis Kesehatan dan Prodi Farmasi TA 2019/2020. Sebanyak kurang lebih 152 mahasiswa baru FIK mengikuti kegiatan P2KK dan PTOS yang salah satunya yaitu pengenalan terhadap lingkungan Fakultas masing-masing.

Kegiatan berlangsung ramai dan penuh semangat yang dipandu langsung oleh Kepala TU FIK. Banyak hal yang dijelaskan, seperti Struktur Organisasi FIK, fungsi dan tugas masing-masing bagian fakultas serta program studi. Selain itu, terdapat penjelasan sedikit tentang organisasi mahasiswa FIK dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Mahasiswa baru diharapkan dapat mengenal lebih awal tentang fakultas dan lingkungan di dalamnya sebelum dimulainya proses perkuliahan sehingga mahasiswa lebih akrab dan perkuliahan berlangsung dengan lancar.

 

Kemahasiswaan dan Humas FIK

Focus Group Discussion Penurunan Angka Stunting Kalteng Bersama Dinkes Provinsi

Focus Group Discussion Penurunan Angka Stunting Kalteng Bersama Dinkes Provinsi

Kepala Dinkes Provinsi, dr. Suyuti Syamsul, MPPM bersama jajaran dan akademisi dalam FGD di Aula BAPPEDA Provinsi Kalteng, Selasa (3/9).

Palangka Raya – Stunting adalah suatu kondisi gagal tumbuh pada anak < 2 tahun (baduta) karena kurangnya gizi yang dimulai sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun sehingga dapat mengakibatkan gangguan perkembangan fisik dan psikis seorang anak. Kondisi stunting dapat dilihat dari ciri fisik yaitu pada anak usia < 5 tahun (balita) bertubuh sangat pendek dan pendek.

Masalah stunting menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kalteng karena angka stunting di Kalteng yang masih tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah strategis, konkrit dan kolaboratif antar instansi pemerintah maupun non pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Kalteng salah satunya melalui upaya Focus Group Discussion ini.

FIK UM Palangkaraya bersama institusi pendidikan lain dapat berkontribusi dalam langkah-langkah penurunan angka stunting melalui kerjasama dengan dinkes untuk menjalankan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh kesepakatan dan masukan dari berbagai sektor tentang Desain Penurunan Stunting melalui Early Detection (deteksi dini) di Kalteng.

 

Kemahasiswaan dan Humas FIK

FIK Kunjungi dan Jajaki Kerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia

FIK Kunjungi dan Jajaki Kerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia

Kaprodi Analis Kesehatan UM Palangkaraya, Dwi Purbayanti, S.T, M.Si bersama dengan Vice President for Global Affairs Management and Science University (MSU) Professor Dr Eddy Yusuf di Malaysia, Rabu (14/8).

Palangka Raya-Standar kualitas pendidikan yang semakin tinggi menuntut Fakultas Ilmu Kesehatan UM Palangkaraya untuk terus meningkatkan kualitas, salah satunya melalui kerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia.

Kunjungan yang dilaksanakan oleh Ibu Dwi Purbayanti, S.T, M.Si pada 14 Agustus 2019 di  Malaysia tersebut untuk mengetahui tentang peluang kerjasama di bidang pendidikan dan pengajaran antara lain seperti lecturer training, student training, student exchange, double degree program, research and publication, program percepatan kuliah fast track, pendidikan PhD bagi dosen dan pengabdian masyarakat (public service). Pihak MSU diketahui juga ingin sekali dapat melakukan kerjasama dengan UM Palangkaraya.

Selain perwakilan UM Palangkaraya, delegasi yang ikut dalam kunjungan ke Malaysia adalah dari Universitas Muhammadiyah Semarang dan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Selanjutnya penjajakan ini diharapkan untuk segera  ditindak lanjuti oleh masing-masing pihak sehingga dapat terbentuknya kerjasama yang saling menguntungkan.

 

Kemahasiswaan dan Humas FIK

Fakultas Ilmu Kesehatan Lakukan Kegiatan Ibadah Qurban 1440 H

Fakultas Ilmu Kesehatan Lakukan Kegiatan Ibadah Qurban 1440 H

Keluarga Besar FIK lakukan kegiatan “Fikes Berbagi”

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) telah mengadakan kegiatan qurban “Fikes Berbagi” bersama sejumlah besar pimpinan, dosen, staf dan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan. Hal ini guna melaksanakan ibadah sunnah qurban, mempererat silahturahmi,  dan kegiatan sosial. Kegiatan dilakukan di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pukul 08.00 pagi, minggu (11/08).

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk menyukseskan kegiatan qurban dan mempererat silahturahmi antar Fakultas. Jumlah hewan qurban yang disembelih yaitu FIK 1 ekor sapi dan FKIP 3 ekor sapi. Terkait distribusi, daging qurban dilakukan panitia kepada pihak yang berhak menerima. Selain itu, kegiatan ini berisi acara makan bersama dan ramah tamah keluarga besar FIK dan FKIP.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan penuh kegembiraan serta dapat menjadi pembelajaran serta memberikan manfaat yang baik bagi kita semua.

 

Kemahasiswaan dan Humas FIK