Fakultas Ilmu Kesehatan Lakukan Kegiatan Ibadah Qurban 1440 H

Fakultas Ilmu Kesehatan Lakukan Kegiatan Ibadah Qurban 1440 H

Keluarga Besar FIK lakukan kegiatan “Fikes Berbagi”

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) telah mengadakan kegiatan qurban “Fikes Berbagi” bersama sejumlah besar pimpinan, dosen, staf dan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan. Hal ini guna melaksanakan ibadah sunnah qurban, mempererat silahturahmi,  dan kegiatan sosial. Kegiatan dilakukan di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pukul 08.00 pagi pada Minggu (11/08/2019).

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk menyukseskan kegiatan qurban dan mempererat silahturahmi antar Fakultas. Jumlah hewan qurban yang disembelih yaitu FIK 1 ekor sapi dan FKIP 3 ekor sapi. Terkait distribusi, daging qurban dilakukan panitia kepada pihak yang berhak menerima. Selain itu, kegiatan ini berisi acara makan bersama dan ramah tamah keluarga besar FIK dan FKIP.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan penuh kegembiraan serta dapat menjadi pembelajaran serta memberikan manfaat yang baik bagi kita semua….

Wujudkan Pembentukan IPTEK dan IMTAQ dengan minggu Madani

Wujudkan Pembentukan IPTEK dan IMTAQ dengan minggu Madani

MINGGU “MADANI” Analis Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

 20151220_095045

Pendidikan yang berwawasan islami adalah hal yang sangat diperlukan setiap individu mahasiswa dalam pengembangan IPTEK dan IMTAQ nya karena dengan pendidikan kerohanian, setiap diri dan hati mahasiswa juga ditempa.

Berbeda dengan fakultas lain, Fakultas Ilmu Kesehatan tidak memasukkan jadwal spesifik untuk pendidikan keagamaan, maka dari itu pihak Prodi Analis Kesehatan membuat pengajian minggu madani yang berupa singkatan dari Mahasiswa Analis Kesehatan yang Berjiwa Islami.

20151220_095056

Untuk mewujudkan The Green Islamic Campus maka Prodi Analis Kesehatan meprogramkan ceramah agama rutin satu bulan sekali yang bertempat di Masjid Darul Arqom Universitas Muhammadiytah Palangkaraya dengan Penceramah Ust. Zuhri, MpdI, Ust. Najamudin, SH, MH.

20151220_095458

Tujuan diadakannya Minngu “MADANI” adalah terciptanya akhlaqul karimah pada mahasiswa Analis Kesehatan. Penerapan kedisiplinan, kejujuran, memupuk rasa tanggung jawab dan memperkuat aqidah Al-islamiah dalam menghadapi tantangan globalisasi.

Pelantikan Dekan dan Pejabat Struktural di UM Palangkraya

Pelantikan Dekan dan Pejabat Struktural di UM Palangkraya

medium_65PELANTIKAN DEKAN DAN PEJABAT STRUKTURAL DI UMP

Palangkaraya – Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pada hari Rabu (18/05) yang lalu, telah melantik beberapa Dekan dan Pejabat Struktural di lingkungan kampus UM Palangkaraya. Adapun beberapa dekan yang dilantik yakni Dekan FISIP, FKIP dan FAI, serta jajaran pejabat struktural di lingkungan kampus UM Palangkaraya.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh seluruh dosen dan pegawai UM Palangkaraya, yang mana para dosen dan pegawai yang datang ke acara sangat antusias sekali menyaksikan beberapa tokoh yang akan dilantik dan meneguhkan janji untuk memajukan kampus UM Palangkaraya tersebut.

Tidak hanya pelantikan Dekan dan pejabat struktural saja, ada hal menarik dalam acara ini yaitu mutasi pegawai struktural yang mana bertujuan untuk meningkatkan dan mengasah pengetahuan serta kemampuan dalam bidang organisasi.

Menurut Drs. H. Bulkani, M.Pd selaku Rektor UM palangkaraya mutasi atau pergantian pegawai merupakan hal yang biasa terjadi di lingkungan kerja atau organisasi, demi melakukan penyegaran dan meningkatkan kualitas kerja.

“Mutasi itu merupakan sebuah kelaziman dalam sebuah organisasi struktural. Mutasi merupakan bukti bahwa organisasi kita bergerak maju kedepan,” ujar Rektor.

Rektor juga menambahkan bahwa sebagai kader Muhammadiyah tidak ada kata menolak.

“Mutasi merupakan bagian dari proses kemajuan” tambahnya.

Rektor juga berpesan kepada seluruh pejabat yang dilantik agar menjaga amanah dan tugas yang diberikan. Karena jika kita melaksanakan amanah dan tugas dengan baik, karena bekerja itu merupakan bagian dari ibadah kita kepada Allah SWT.

Adapun beberapa nama yang dilantik antara lain, Diplan, M.Pd sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Riban Satia sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang mana beliau juga sebagai Walikota Palangka Raya, dan yang terakhir yaitu Sanawiyah, S.Ag., MH selaku Dekan Fakultas Agama Islam.

Setelah kegiatan pelantikan, seluruh dosen dan pegawai baik perempuan maupun laki-laki mengikuti kegiatan tes urin yang dilakukan langsung oleh tim teknis dari Badan Narkotika Nasional Kalimantan Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa lingkungan kampus yang dijuluki ‘The Green Islamic Campus” itu memang benar-benar bebas dari narkoba, tidak hanya mahasiswa Universitas Muhammadiyah palangkaraya yang negatif menggunakan narkoba tetapi juga seluruh dosen dan pegawai UM Palangkaraya.

Kampus UM Palangkaraya memang sangat peduli dengan masalah narkoba yang sekarang ini marak di lingkungan masyarakat, terjalinnya kerjasama antara kampus dengan pihak BNN kalteng sejak lama merupakan suatu tindakan untuk melawan narkoba masuk ke dalam lingkungan kampus UM Palangkaraya.

Setiap calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di kampus ini, maka mereka harus melewati serangkaian tes yang di dalamnya termasuk tes urin untuk mengetahui bahwa mahasiswa baru yang nantinya kuliah di kampus UM Palangkaraya benar-benar negatif menggunakan zat adiktif yang merusak moral bangsa tersebut.

Menurut Wakil Rektor IV, H.M Yusuf, M.A.P kegiatan tes urin ini sendiri mencoba membuktikan bahwa tidak hanya mahasiswa yang bebas narkoba namun juga seluruh dosen dan pegawai civitas akademika UM Palangkaraya juga terbebas dari penggunaan zat-zat adiktif tersebut.

“Kita rangkaikan kegiatan pelantikan dengan tes urin kepada seluruh pejabat di civitas akademika UM Palangkaraya, agar kita pastikan kita sesuai dengan slogan kita Green Islamic Kampus,´kata Yusuf.  (Yanto/edt: ilhamBAKA)

Gelaran Persami HW 2016, Mahasiswa FIKes Turut Serta Menjadi Tim Medis

 

Acara kegiatan Persami HW yang digelar di tangkiling ttepatnya di Bumi Perkemahan Arboretum tersebut merupakan agenda organisasi HW yang melibatkan setengah element organisasi dan Mahasiswa. Persam ini ditujukan khusus untuk semua anggota HW se-kalteng yang berjumlah 40 Nafar lebih (kelompok) yang didatangkan dari kasongan, pulang pisau, palangkaraya, dan kapuas.

Dalam hal ini, pihak penyelenggara membentuk time medis yang beranggotakan Anggota KSR-PMI Unit UM Palangkaraya dan beberapa mahasiswa Analis Kesehatan.  Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, segala hal alat dan obat – obatan disiapkan oleh tenaga kesehatan yang dimotori oleh mahasiswa analis kesehatan itu sendiri.

 

PENGABDIAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KESEHATAN PERTAMA

DSCF4478

Palangka Raya (25/4) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan belakangan ini tengah membantu pihak Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dalam langkah promosi. Berbeda dari fakultas lainnya, pihak BEM FIKes mengambil langkah promosi yang menyesuaikan dengan bidang pembelajarannya yaitu pengabdian sosial pemeriksaan gratis.

Pengabdian sosial ini dilakukan pada hari minggu pagi pukul 05:30 WIB sampai pukul 09:00 WIB. Pengabdian sosial ini berbentuk pemeriksaan gratis yang diselingi dengan pembagian brosur dan majalah serta kalender yang dipersiapkan pihak universitas. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah, glukosa darah, asam urat, kolesterol, dan golongan darah serta masyarakat disediakan timbangan dan juga alat ukur tinggi badan. Langkah ini diambil agar mahasiswa – mahasiswa Fakultas Ilmu kesehatan dapat ikut berpastisipasi karena untuk mematahkan isu yang dimana setiap mahasiswa kesehatan tidak bisa memberikan distribusi apapun kepada universitas selain daripada pembayaran uang kuliah yang lebih besar dari fakultas lain.

DSCF4383

Pihak yang bertugas dalam pengabdian tersebut murni mahasiswa fakultas ilmu kesehatan yang beranggotakan mahasiswa Analis Kesehatan dan Farmasi. Dalam pelaksanaan pemeriksaan tersebut juga hadir beberapa dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan yang mampir ke stand tersebut bersama keluarganya. Salah satunya adalah Sekretaris Program Studi analis Kesehatan ibu Dwi Purbayanti, ST. Dalam kunjungannya tersebut beliau memberikan apresiasi kepada mahasiswa – mahasiswa kesehatan yang bertugaskhususnya pihak BEM FIKes.

“Kalau bisa, pengabdian sosial ini bukan Cuma dilaksanakan minggu ini saja tapi setiap satu bulan sekali. Biar kalian ada pengalaman.” Tutur beliau.

Antusiasme masyarakat pun tidak tanggung – tanggung. Mereka ada yang ingin memeriksa kadar gula darahnya, asam urat, kolesterol, dan bahkan golongan darah serta berat badan. Hal tersebut membuat para mahasiswa kewalahan, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk menyehatkan dan membantu masyarakat.(iksn)