Anda sedang berada di: Beranda » Kegiatan Mahasiswa » Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari merancang Wisata 3 in 1 di Kabupaten Kolaka

Kategori : Diskusi Umum | Kegiatan Mahasiswa |

Pencarian:

Topik: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari merancang Wisata 3 in 1 di Kabupaten Kolaka

26-10-2017/19:47:08 WIB
firman

Website
Tubuh eksekutif Mahasiswa (BEM) Kampus Muhammadiyah Kendari meningkatkan Ekowisata Terpadu Three in One (Sungai – Laut – Danau) di Desa Tamborasi Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (19-23/10/17). Aktivitas ini adalah Program Hibah Bina Desa (PHBD) BEM Unismuh Kendari.

Program Hibah bina Desa ini adalah program dari Belmawa Kemenristek Dikti yang ditujukan untuk organisasi kemahasiswaan perguruan tinggi di Indonesia. BEM Unismuh Kendari adalah satu diantara yang memenangkah hibah itu untuk tahun 2017. Terlebih dulu Unismuh Kendari sudah berhasil memenangi hibah bina desa ini 5 tahun berturut-turut mulai sejak tahun 2012. Program Hibah bina Desa (PHBD) ini termasuk juga program hibah dikti yang termasuk besar karna pemenangnya tiap-tiap tahunnya itu terbatas, dari 5000 an proposal yang diseleksi cuma 120 proposal yang didanai.

Tahun 2017 ini, PHBD Unismuh Kendari mandi wajib dikerjakan oleh Tubuh eksekutif Mahasiswa (BEM) Kampus Muhammadiyah Kendari dengan judul “Pengembangan Ekowisata Terpadu Three in One (Sungai-Laut Danau) di Desa Tamborasi Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka – Sulawesi Tenggara”. Pelaksana dalam program ini yaitu mahasiswa Unismuh Kendari yang disebut pengurus BEM yang terbagi dalam : Alham Sukur (Ketua/Tehnik Arsitektur), La Ode Parisa (Fak. Perikanan), Muhammad Syahban (Tehnik Arsitektur), Ahmad Alfirdauzi (Tehnik Arsitektur), Isla Khudin (Tehnik Lingkungan) serta Lusyana Ardianty (Pend. Bhs Inggeris). Tim PHBD ini diarahkan oleh Amir Mahmud, S. Pi., M. P yang disebut dosen di Fakultas Perikanan serta Pengetahuan Kelautan.

Program-program yang dikerjakan dalam PHBD ini yaitu mengembangan potensi desa Tamborasi jadi desa Ekowisata terpadu, pengaturan ulang manajemen wisata desa Tamborasi, penambahan pendapatan orang-orang desa Tamborasidan promosi wisata dalam mensupport program Wonderfull Indonesia. Lewat program ini mahasiswa bisa menerapkan pengetahuan yang sudah didapat sepanjang kuliah dalam bentuk dedikasi pada orang-orang. Dalam aktivitas ini mahasiswa fakultas perikanan lakukan transplantasi karang (penanaman bibit karang), mahasiswa fakultas tehnik lakukan pengaturan ulang lokasi wisata serta membuat accessories wisata (fotobooth ruang), pengaturan ruang kuliner, pembuatan bak sampah edukasi serta pembuatan rakit berkunjung yang semuanya wahana itu bisa di nikmati oleh wisatawan yang bertandang ke tempat wisata Tamborasi.

Alham Sukur sebagai ketua Tim PHBD menerangkan “Pengembangan Ekowisata Terpadu Three in One (Sungai-Laut Danau) didesain untuk buat tujuan wisata terpadu yang menghubungkan pada sungai Tamborasi (sungai terpendek didunia) – wisata laut (terumbu karang) – danau biru. Lewat jalur 3 in 1 ini, wisatawan bisa nikmati paket wisata yang sampai kini belum juga sempat di buka oleh pengelola wisata di Tamborasi”

Faedah yang didapat orang-orang sekitaran tempat wisata Tamborasi lewat aktivitas ini diantaranya : penambahan jumlah wisatawan yang bertandang hingga bisa tingkatkan pendapatan lewat penjualan ticket masuk. Diluar itu beberapa penjual makanan, penyedia jasa perahu, penyewaan pelampung hingga penjulan accessories juga rasakan berlangsung penambahan pendapatan mereka.

“Kami begitu suka dengan aktivitas mahasiswa Unismuh Kendari ini, pada akhirnya banyak pengujung yang datang serta penjualan ticket makin bertambah. Kami mengatakan terima kasih atas bakti dari mahasiswa Unismuh Kendari mudah-mudahan nantinya bisa buat program-program begini untuk tingkatkan pendapatan orang-orang”, papar Abu Naim sebagai pengelola wisata Tamborasi. Hal seirama juga disampaikn oleh kepala Desa Tamborasi yang begitu mensupport program PHBD di desanya.

Aktivitas PHBD ini berjalan sepanjang 4 Bln. diawali dari rencana, sosialisasi, proses, monitoring serta pelaporan akhir aktivitas. Wakil Rektor III Kampus Muhammadiyah Kendari Ir. Bambang Indro Yuwono mengapresiasi beberapa aktivitas mahasiswa Unismuh Kendari yang bernilai positif dalam usaha pengembangan potensi mahasiswa serta menolong merampungkan persoalan yang berlangsung dimasyarakat. Beliau menerangkan “Program-program kemahasiswaan di Unismuh Kendari kita begitu animo serta Kampus selalu mensupport tiap-tiap aktivitas mahasiswa yang bernilai positif dalam rencana pengembangan potensi mahasiswa tersebut serta mengangkat citra Unismuh Kendari di orang-orang”.

0 Tanggapan :

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Anda harus Login dulu untuk bisa berdiskusi.
Atau Anda juga bisa Daftar dulu menjadi anggota forum.