Anda sedang berada di: Beranda » Kegiatan Mahasiswa » Program Rekonsilasi kebijaksanaan

Kategori : Diskusi Umum | Kegiatan Mahasiswa |

Pencarian:

Topik: Program Rekonsilasi kebijaksanaan

31-01-2020/04:48:05 WIB
nagawe

Website
Belakangan ini Menteri Pendidikan serta Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim kembali mengeluarkan kebijaksanaan Merdeka Belajar.

Kesempatan ini, programnya bertopik Universitas Merdeka. Dalam program itu ada empat rekonsilasi kebijaksanaan di cakupan pendidikan tinggi.

"Kebijaksanaan Universitas Merdeka ini adalah lanjutan dari ide Merdeka Belajar," tutur Nadiem Makarim dalam rapat pengaturan kebijaksanaan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dalam kebijaksanaan Universitas Merdeka yang ke empat didalamnya tentang pemberian hak pada mahasiswa untuk ambil mata kuliah di luar prodi serta mengubah pengertian Unit Credit Semester (SKS).

Simak juga: Kebijaksanaan Universitas Merdeka, Pekerjaan Belajar di Luar Universitas Diberi Berat SKS

Menurut Nadiem, ada perkembangan pemahaman tentang SKS. Tiap SKS disimpulkan merupakan 'jam kegiatan', bukan 'jam belajar'.

Pekerjaan di sini bermakna belajar di kelas. Ada 8 contoh pekerjaan mahasiswa yang bisa dikerjakan di luar universitas asal, diantaranya:

Nanti, mahasiswa dapat turut pekerjaan magang dalam suatu perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, lembaga pemerintah, atau perusahaan rintisan (startup).

Sepanjang magang, mahasiswa itu harus diarahkan oleh seorang dosen atau pengajar. Maksudnya supaya teori di universitas dapat diaplikasikan dalam tempat magang itu.

Ada satu hal yang menarik di sini. Karena, pekerjaan ini hampir serupa dengan Kuliah Kerja Riil (KKN). Namun, mahasiswa akan diikutsertakan ke project yang berada di desa.

Project sosial ini untuk menolong warga di pedesaan atau wilayah terpencil dalam membuat ekonomi rakyat, infrastruktur, serta yang lain.

Pekerjaan ini bisa dikerjakan bersama-sama dengan perangkat desa (kades), BUMDes, Koperasi, atau organisasi desa yang lain.

Simak juga: Kebijaksanaan Universitas Merdeka, Mahasiswa S1 Dapat Mengambil Mata Kuliah Lintas Prodi

Tidak hanya mendapatkan pengetahuan dari universitas, mahasiswa dituntut untuk lakukan pekerjaan mengajar di sekolah. Ini dapat dikerjakan di SD, SMP, atau SMA.

Pekerjaan dikerjakan sepanjang beberapa waktu serta sekolahnya dapat di kota atau di wilayah terpencil.

Nanti, mahasiswa yang ambil pekerjaan di luar universitas dari program Universitas Merdeka ini akan difasilitasi langsung oleh Kemendikbud.

Salah satunya pekerjaan di luar universitas ini tentu banyak disukai mahasiswa. Karena, mahasiswa ambil kelas atau semester di perguruan tinggi luar negeri atau dalam negeri.

Jadi, mahasiswa dapat mendapatkan penambahan pengetahuan serta situasi baru di universitas lain. Tetapi, semua berdasar kesepakatan kerja sama yang telah diselenggarakan Pemerintah.

Nilai serta SKS yang diambil di PT luar akan disamakan

oleh PT semasing.

Untuk pekerjaan analisa akademik, baik sains atau sosial humaniora, dikerjakan dibawah pengawasan dosen atau periset.

Pekerjaan ini bisa dikerjakan untuk instansi analisa Harga Bluetooth Speaker Aktif seperti Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau Tubuh Analisa serta Pengembangan Nasional (BRIN).

Mahasiswa yang meningkatkan pekerjaan kewirausahaan dengan mandiri harus dibuktikan dengan keterangan/ proposal pekerjaan kewirausahaan serta bukti transaksi customer atau slip upah pegawai.

Buat mahasiswa yang turut pekerjaan ini harus diarahkan oleh seorang dosen/pengajar.

Mahasiswa bisa meningkatkan satu project berdasar tema sosial spesial serta bisa ditangani bersama dengan mahasiswa lain.

Mahasiswa yang turut pekerjaan ini harus diarahkan oleh seorang dosen/pengajar.

Simak juga: Mendikbud Nadiem Luncurkan 4 Kebijaksanaan Universitas Merdeka, Ini Penuturannya

Buat yang menyukai pekerjaan sosial, karena itu turut project kemanusiaan dapat diikuti mahasiswa. Pekerjaan sosial untuk satu yayasan atau organisasi kemanusiaan harus yang di setujui perguruan tinggi, baik di atau luar negeri.

0 Tanggapan :

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Anda harus Login dulu untuk bisa berdiskusi.
Atau Anda juga bisa Daftar dulu menjadi anggota forum.