Anda sedang berada di: Beranda » Kegiatan Mahasiswa » Memberi kebebasan ke mahasiswa untuk ambil pekerjaan

Kategori : Diskusi Umum | Kegiatan Mahasiswa |

Pencarian:

Topik: Memberi kebebasan ke mahasiswa untuk ambil pekerjaan

31-01-2020/04:50:22 WIB
nagawe

Website
Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memberi kebebasan ke mahasiswa untuk ambil pekerjaan di luar program studi (prodi) sampai tiga semester. Dengan begitu, diinginkan mahasiswa bisa mempunyai kebebasan tentukan serangkaian evaluasi mereka.

Nadiem mengharap, kebijaksanaan itu dapat meningkatkan budaya belajar yang mandiri, lintas disiplin, serta memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang bernilai untuk diaplikasikan.

"Menurut saya, dari semua kebijaksanaan, ini ialah yang penting. Sebab efeknya untuk negara kita, saya pikir dapat dirasa dengan cepat, dengan riil, serta dengan masif," kata Nadiem diambil dari tayangan wartawan Kemendikbud.

Bermacam pekerjaan yang dapat dikerjakan Harga Lemari Pakaian mahasiswa di luar prodinya salah satunya magang atau praktik kerja di industri atau organisasi nonprofit, transisi pelajar, dedikasi warga, terjebak dalam project desa, wiraswasta, analisa, studi berdiri sendiri, atau pekerjaan mengajar di wilayah terpencil, serta pekerjaan yang lain yang disetujui dengan program studi.

"Ini bukanlah pemaksaan. Jika mahasiswa itu ingin seratus % di prodi itu, itu ialah hak mereka. Ini cuma pilihannya untuk mahasiswa, tetapi ini ialah satu keharusan buat perguruan tinggi untuk pilih," pesannya.

Tiap pekerjaan yang diambil mahasiswa harus diarahkan oleh seorang dosen yang dipastikan kampusnya. "Daftar pekerjaan yang bisa diambil oleh mahasiswa bisa diambil dari program yang dipastikan pemerintah serta/atau program yang di setujui oleh rektornya," tuturnya.

Kebijaksanaan Universitas Merdeka ini, tuturnya, mempunyai tujuan untuk mengubah program S-1 supaya menggerakkan mahasiswa bisa belajar hadapi rintangan hari esok yang penuh ketidakpastian. "Program ini untuk mengubah skema S-1 yang dapat betul-betul menyiapkan mahasiswa kita berenang di laut terbuka yakni dunia riil," katanya.

Selanjutnya, Mendikbud menjelaskan usaha ini sudah jamak dikerjakan oleh perguruan tinggi, baik di atau luar negeri. Ini benar-benar erat dengan penguatan ciri-ciri generasi muda. "Berikut pendidikan yang masalah focused, yang dengan cara langsung memperkuat ciri-ciri," pungkasnya.

0 Tanggapan :

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Anda harus Login dulu untuk bisa berdiskusi.
Atau Anda juga bisa Daftar dulu menjadi anggota forum.