Path: TopS1-SkripsiFakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanPendidikan Ekonomi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI KELAS

Undergraduate Theses from 123 / 2017-12-27 16:33:07
Oleh : NELI WIDIASTUTI
Dibuat : 2017-12-27, dengan 1 file

Keyword : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI KELAS

ABSTRAK

NELI WIDIASTUTI. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam

Pembelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Model

Bermain Peran (Role Playing) Di Kelas X IPS I MAN Model Palangka Raya

Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangka

Raya. Pembimbing: (1) Drs. H. Bulkani, M.Pd, (2) Drs. M. Ramli, M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi, Pendekatan Kontekstual

Model Bermain Peran (Role Playing).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Peningkatan aktivitas belajar

dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan pendekatan kontekstual

model bermain peran (Role Playing) di kelas X IPS I MAN Model Palangka

Raya, 2) Peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran ekonomi dengan

menggunakan pendekatan kontesktual model bermain peran (Role Playing) di

kelas X IPS I MAN Model Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan

dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup empat komponen yaitu

perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dengan subyek penelitian adalah

kelas X IPS I MAN Model Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak

36 peserta didik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Aktivitas peserta didik di kelas

X IPS I MAN Model Palangka Raya dalam pembelajaran ekonomi ketika

menggunakan pendekatan kontekstual model bermain peran (Role Playing)

terlihat lebih aktif. Ini terlihat dari jumlah skor aktivitas peserta didik pada siklus I

terdapat 30 peserta didik yang mendapatkan skor ≥ 45 dan pada siklus II

mengalami peningkatan yaitu 34 peserta didik yang mendapatkan skor ≥ 45. 2)

Dengan menggunakan pendekatan kontekstual model bermain peran (Role

Playing) ada peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas X IPS I MAN Model

Palangka Raya. Ini terlihat dari hasil belajar peserta didik dimana hasil belajar

peserta didik pada saat pre test mendapatkan nilai rata-rata 64,30 dengan

ketuntasan secara klasikal sebesar 44,44%, pada siklus I hasil belajar peserta didik

meningkat dengan nilai rata-rata 88,88 denga

Copyrights : Copyright � 2001 by E-Librari UM Palangkaraya. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher123
Organisasi
Nama KontakPerpustakaan UM Palangkaraya
AlamatJL. RTA Milono Km. 1,5
KotaPalangka Raya
DaerahKalimantan Tengah
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratoraidin.najihi@gmail.com
E-mail CKOaidin@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Dwiyanto

Download...