Path: TopS1-SkripsiFakultas Teknik

ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PELENGKAP JALAN BAGI PEJALAN KAKI DI JALAN TEMANGGUNG TILUNG KELURAHAN MENTENG PALANGKA RAYA

Undergraduate Theses from 123 / 2017-12-27 14:10:06
Oleh : SARIAH
Dibuat : 2017-12-27, dengan 1 file

Keyword : ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PELENGKAP JALAN BAGI PEJALAN KAKI DI JALAN TEMANGGUNG TILUNG KELURAHAN MENTENG PALANGKA RAYA

Sariah, Analisis Kebutuhan Fasilitas Pelengkap Jalan Bagi Pejalan Kaki di Jalan Temanggung Tilung Kelurahan Menteng Palangka Raya, Pembimbing I, Bapak Ir. Hudan Rahmani, MT. Pembimbing II, Ibu Nirwana Puspasari, ST, MT.

ABSTRAK

Kelurahan Menteng merupakan salah satu Kelurahan yang memiliki suatu jaringan jalan dengan trayek kendaraan yang tetap, akan tetapi belum dilengkapi dengan fasilitas pelengkap bagi pejalan kaki sehingga aktifitas para pejalan kaki tidak terarah dengan baik dan sangat berpeluang besar menimbulkan terjadinya konflik antara kendaraan dengan pejalan kaki maupun antar kendaraaan. Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kebutuhan fasilitas pelengkap jalan bagi pejalan kaki seperti volume kendaraan, jumlah hambatan samping, kondisi lingkungan serta kondisi kompleks di sekitar jalan, maka akan dilakukan analisa terhadap kebutuhan fasilitas pelengkap jalan bagi pejalan kaki berdasarkan hasil pengamatan di lapangan.

Metode yang digunakan adalah survei dengan batasan wilayah radius 200 meter. Pengambilan dan pangumpulan data berupa data volume kendaraan, jumlah kendaraan parkir, jumlah pejalan dan penyeberang jalan yang terjadi di Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya Palangka Raya diambil melalui pengamatan langsung di lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah volume kendaraan maksimum pada ruas jalan Temanggung Tilung dan volume lalu lintas 508,78 - 770,88 smp/jam dan hasil dari Kelas Hambatan Samping Sedang (Medium) dengan Frekwensi berbobot kejadian 430,3.Tingkat pelayan atau level of servis (LOS) di dapat tingkat pelayanan C untuk kecepatan pejalan kaki dengan angka 73,288 m/menit, dan di dapat tingkat pelayan C untuk ruangan pejalan kaki dengan angka 2,25 m2. Dari hasil analisis ini, maka fasilitas pelengkap jalan bagi pejalan kaki yang diperlukan adalah trotoar, zebra cross serta rambu lalu lintas berupa rambu anjuran adanya fasilitas pendidikan, dan rambu peringatan adanya tikungan.

Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Fasilitas Pelengkap Jalan, Pejalan Kaki, Temanggung Tilung Palangka Raya.


Copyrights : Copyright � 2001 by E-Librari UM Palangkaraya. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher123
Organisasi
Nama KontakPerpustakaan UM Palangkaraya
AlamatJL. RTA Milono Km. 1,5
KotaPalangka Raya
DaerahKalimantan Tengah
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratoraidin.najihi@gmail.com
E-mail CKOaidin@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Dwiyanto