Path: TopS1-SkripsiFakultas Teknik

KAPASITAS PERSIMPANGAN TIDAK BERSINYAL SIMPANG EMPAT JALAN DIPONEGORO-JALAN PILAU

Undergraduate Theses from 123 / 2017-12-27 13:54:30
Oleh : VERLISTIANTO
Dibuat : 2017-12-27, dengan 1 file

Keyword : KAPASITAS PERSIMPANGAN TIDAK BERSINYAL SIMPANG EMPAT JALAN DIPONEGORO-JALAN PILAU

KAPASITAS PERSIMPANGAN TIDAK BERSINYAL

SIMPANG EMPAT JALAN DIPONEGORO-PILAU


Verlistianto

Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Email:verlisnet@gmail.com


ABSTRAK

Pada persimpangan sering timbul berbagai hambatan-hambatan lalu lintas, hal ini diakibatkan oleh ketidakdisiplinan para pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas yang ada dan kondisi disekitar persimpangan yang tidak mendukung. Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan terhadap kapasitas dan kinerja persimpangan Jalan Diponegoro-Pilau Kota Palangka Raya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja persimpangan yang terdiri dari mengitung kapasitas‚ tundaan pada persimpangan‚ peluang antrian.


Dalam menganalisa kapasitas dan tingkat kinerja suatu simpang tidak bersinyal harus diambil data–data dari lapangan yang berupa data geometrik‚ kondisi lingkungan, jenis dan jumlah kendaraan yang melintasi persimpangan‚ setelah dikalikan dengan angka ekivalensi (emp) dari masing-masing kendaraan sehingga diperoleh keseragaman dalam satuan mobil penumpang (smp) kemudian dihitung kapasitas dan tingkat kinerja persimpangan yang meliputi derajat kejenuhan dan tundaan simpangan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 1997.


Hasil dari analisa yang diperoleh‚ nilai kapasitas sebesar = 4211,9 smp/jam dan arus lalu lintas = 2068,1 smp/jam, sehingga menghasilkan derajat kejenuhan (DS) sebesar = 0,49 nilai ini masih dibawah dari nilai derajat kejenuhan yang di sarankan oleh MKJI,1997 (> 0.85) yang berarti ruas jalan tersebut masih mampu menampung arus lalu lintas dengan kondisi yang tidak memiliki pengaturan rambu lalu lintas berupa lampu sinyal. Nilai tundaan simpang (D) sebesar 9,09 det/smp yang berarti tidak melewati tundaan simpang rata-rata sebesar 10 det/smp sehingga peluang antrian yang terjadi antara rentang nilai 10,61% – 24,10%.


Kata kunci: kapasitas, kinerja simpang, tundaan, tanpa sinyal lalu lintas.


Copyrights : Copyright � 2001 by E-Librari UM Palangkaraya. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher123
Organisasi
Nama KontakPerpustakaan UM Palangkaraya
AlamatJL. RTA Milono Km. 1,5
KotaPalangka Raya
DaerahKalimantan Tengah
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratoraidin.najihi@gmail.com
E-mail CKOaidin@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Dwiyanto