Arti Lambang Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

1. - Lambang Muhammadiyah, berupa matahari bersinar utama dua belas, di tengah bertuliskan Muhammadiyah dalam tulisan Arab, dan dilingkari kalimat syahadat dalam tulsan tulisan Arab.

- Di tengah-tengah matahari tertulis : Muhammadiyah, dengan huruf Arab, yang berarti : Pengikut ajaran Nabi Muhammad shallalla-hu ‘alaihi wa sallam.

- Pada lingkaran luar sebelah attas tertulis syahadat tauhid dengan huruf Arab : Asyhadu anla- ila-ha illa Allah, yang artinya : Saya bersaksi  bahwasanya tiada Tuhan selain Allah.

- Pada lingkaran luar sebelah bawah tertulis  syahadat Rasul dengan huruf Arab : Wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah, yang artinya : Dan saya bersaksi bahwasannya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusan Allah.

- Gambar matahari melambangkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri, yang memberikan kehidupan kepada lainnya. Muhammadiyah menamsilkan dirinya sebagaimana matahari yang akan memancarkan sinar kehidupan rohani, yang intinya terletak dalam dua kalimat syahadat kepada siapapun yang ditemuinya (QS Al-Anfaal: 24).

- Dua Belas sinar matahari melambangkan semangat kaum Hawary, yaitu dua belas sahabat Nabi Isa’alaihissalam yang senantiasa siap berjuang demi kemulian agama Islam. Muhammadiyah mentamsilkan dirina sebaga kaum Hawary yang memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk melaksanakan dakwah Islam amar makruf nahi munkar dimana dan kapanpun juga dengan semata-mata mencari keridhaan Allah SWT (QS As-Shaff: 14).

- Lambang matahari dijadikan inti lambang Universitas sekaligus memberikan penegeasan bahwa Universitas merupakan salah satu amal Usaha Muhammadiyah, berdiri dibawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah, dan oleh karena itu seluruh nafas, gerak dan aktivitasnya senantiasa wajib menyelaraskan dengan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.

2. Lukisan padi dan kapas terdiri dari 19 dan 12 tangkai gabungan, keduannya menunjukkan tahun berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah di Indonesia yang juga berarti lambang kemakmuran dan kesejahteraan yang menjadi cita-cita  bangsa Indonesia.

3. Lima kelopak bunga yang melingkar melambangkan Pancasila sekaligus melambangkan dinul Islam yang ditegakkan di atas lima prinsip : dua kalimat syahadat, shalat, puasa Ramadhan, menunaikan zakat, dan hajji ke Baitullah. Lima kelopak bunga ini melatarbelakangi gambar matahari yang dilingkari oleh padi dab kapas.

4. Di luar pada dan kapas tertulis secara melingkar nama Universitas : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA.

5. Seluruh lambang berada di atas warna dasar hijau melambangkan kesuburan, kesabaran, dan ketelitian, putih melambangkan kesucian, kuning emas melambangkan kemuliaan, dan hitam melambangkan ketegaran. Artinya bahwa dalam melaksanakan tugas utamanya seluruh unsur yang terlibat didalam Universitas harus dilandasi dengan prinsip kesabaran, kesyukuran, ketelitian dan keikhlasan semata-mata mencari ridha Allah.