Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Peradilan Agama/Syariah

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah


Visi
Unggul dalam kualitas iman serta akhlak yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Misi
a. Membina dan mengembangkan SDM yang berkualitas dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berwawasan Al Islam dan kemuhammadiyahan.
b. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam peningkatan kualitas serta ketaqwaan dan kesejahteraan masyarakat.
c. Menumbuhkembangkan suasana civitas akademika yang berakhlakul karimah sebagai pusat kajian keislaman, pembaharuan pemikiran dan pengembangan pendidikan Islam, akidah dan hukum Islam.
d. Mengantarkan mahasiswa menjadi SDM berwawasan luas yang mampu memenuhi kebutuhan dan siap menghadapi kompetisi, regional, nasional, dan global dengan landasan nilai-nilai Islam.
e. Memfungsikan dan memposisikan selaras dengan ajaran islam dan tuntutan kebutuhan masyarakat.

Tujuan :
Menghasilkan sarjana Pendidikan Agama Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berakhlak mulia, berkualitas, profesional, mandiri, dan bertanggung jawab.

Sasaran dan strategi pencapaiannya :
A. Sasaran yang ingin dicapai sampai tahun 2018 adalah sebagai berikut,
    1) Menghasilkan lulusan Pendidikan Agama Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT;
    2) Menghasilkan lulusan Pendidikan Agama Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berdaya saing tinggi;
     3) Menghasilkan lulusan Pendidikan Agama Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang  berkompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian Islami;
     4) Menghasilkan lulusan Pendidikan Agama Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pendidikan dan pembelajaran;
     5) Menghasilkan lulusan Pendidikan Agama Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang mampu memanfaatkan teknologi secara kreatif dan  inovatif, serta sumber belajar dalam pendidikan dan pembelajaran;
      6) Peningkatan kompetensi pedagogik, sosial dan profesional dosen;
      7) Peningkatan mutu penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

B. Strategi untuk mencapai sasaran adalah :
    1) Melakukan revisi kurikulum yang disesuaikan perkembangan zaman yang kemudian dilokakaryakan. Pelaksanaan workshop terkait kurikulm dan implementasi kurikulum dalam tahun yang sama;
  2) Menjadikan lulusan yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran dengan cara melakukan pelatihan di kampus maupun di sekolah dengan target 80% pada tahun 2018;
    3) Menjadikan lulusan yang mampu memanfaatkan secara kreatif dan inovatif teknologi dan sumber belajar dalam  pembelajaran dengan cara memberikan kursus dan pelatihan;
    4) Meningkatkan kualifikasi dosen 100%  ke jenjang S-3 dengan mengirim Dosen Tetap Yayasan studi lanjut ke perguruan tinggi yang relevan dengan kebutuhan prodi;
     5) Meningkatkan penelitian dosen minimal 1 penelitian dalam 1 tahun mulai tahun 2012;
     6) Meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat minimal 1 kegiatan setiap tahun mulai tahun 2012;
     7) Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan mencapai tingkat ideal pada tahun 2014;
     8) Meningkatkan hubungan kerja sama stakeholder untuk berbagai kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Strategi pencapaiannya, yaitu:
1) Jangka Pendek (1 tahun)
   a. Menyempurnakan kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan IPTEK, tuntutan jaman, dan kecenderungan pasar tenaga kerja (pengguna) dengan senantiasa mengacu kepada substansi kurikulum yang berlaku secara nasional.
   b. Melaksanakan pelatihan, seminar, lokakarya, serta studi lanjutan dalam upaya peningkatan kualitas tenaga administrasi dan tenaga edukatif.
   c. Melengkapi sarana pembelajaran berupa proyektor, komputer, dan jaringan internet sebagai implementasi pembelajaran berbasis ICT.
   d. Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah daerah melalui Program S1 Kependidikan bagi Guru Dalam Jabatan sesuai dengan SK Mendiknas No.49 Tahun 2008.

2) Jangka Menengah (3 tahun)
    a. Melaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada kurikulum yang telah disempurnakan.
   b. Meningkatkan kualitas pelatihan, seminar, lokakarya, serta studi lanjutan dalam upaya peningkatan kualitas tenaga administrasi dan tenaga edukatif.
   c. Melengkapi sarana pembelajaran berupa blog edukasi (setiap dosen), website prodi, sebagai implementasi pembelajaran berbasis ICT.
   d. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik lembaga pemerintah atau swasta dalam berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat, termasuk rekruitmen mahasiswa.

3) Jangka Panjang (5 tahun)
    a. Melaksanaan kurikulum berbasis e-learning.
   b. Melaksanakan pelatihan, seminar, lokakarya, serta studi lanjutan dalam upaya peningkatan kualitas tenaga administrasi dan tenaga edukatif yang berorientasi pada pembelajaran berbasis e-learning.
   c. Melengkapi sarana pembelajaran guna mengimplementasikan e-learning sebagai tindak lanjut pembelajaran berbasis ICT.
    d. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik lembaga pemerintah atau swasta dalam berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat, termasuk rekruitmen mahasiswa.
 

Informasi lebih lanjut dapat dilihat dan diklik dibawah ini :

Website : Fakultas Agama Islam