Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Farmasi

Analis Kesehatan


 Visi Fakultas Ilmu Kesehatan UM Palangkaraya

Pada tahun 2020 menjadi lembaga pendidik yang menghasilkan tenaga kesehatan yang handal, mandiri, siap kerja, profesional, unggul dalam iptek dengan berlandaskan pada imtaq kepada Allah SWT di Kalimantan Tengah

Misi Fakultas Ilmu Kesehatan UM Palangkaraya

  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan yang profesional, bertanggung jawab dan tanggap terhadap kebutuhan kesehatan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat memahami dan memecahkan masalah kesehatan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan ilmu farmasi dan ilmu analis kesehatan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan sumber daya manusia yang meliputi seluruh komponen penyelenggara Fakultas Ilmu Kesehatan dalam melaksanakan tugasnya secara kompeten dan mandiri, serta terus dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Deskripsi

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) merupakan fakultas termuda di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Berdiri sejak tahun 2016, saat ini FIK telah memasuk usia lebih dari 1 dasawarsa. Berbagai pencapaian baik di bidang akademik maupun non-akademik telah berhasil dicapai oleh FIK dan saat ini FIK menjadi salah satu rujukan dari institusi pendidikan kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah pada umumnya dan di Kota Palangka Raya pada khususnya.

Program Studi

Saat ini FIK memiliki dua Program Studi yaitu DIII Farmasi dan DIII Analis Kesehatan. Kedua Program studi tersebut merupakan program studi dengan rasio penerimaan mahasiswa baru dan pendaftar paling kecil di UM Palangkaraya, dengan jumlah peminat yang sangat tinggi menjadikan persaingan untuk dapat masuk menjadi mahasiswa kedua Program Studi tersebut menjadi sangat ketat. Dengan kapasitas daya tampung untuk masing-masing Program Studi mencapai 70 orang, Peminat yang mendaftar untuk kedua Program Studi tersebut mencapai lebih dari 500 orang. Tingginya animo calon mahasiswa berbanding lurus dengan mutu pendidikan di FIK, dimana Program Studi DIII Analis Kesehatan pada Tahun 2016 telah memperoleh akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT KES), disusul oleh Program Studi DIII Farmasi yang akan melakukan reakreditasi pada tahun 2017.

Kurikulum

Kurikulum yang digunakan di FIK disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Sesuai Peraturan Menteri Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. Dalam Kurikulum masing-masing Program Studi memuat berbagai mata kuliah multidisiplin yang dapat menunjang perkembangan peserta didik menjadi seorang tenaga vokasi di bidang Farmasi dan Analis Kesehatan yang handal, mandiri, siap kerja, professional, serta unggul dalam iptek. Tidak lupa sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah, nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyahan selalu ditanamkan dalam proses pembelajaran salah satunya dalam bentuk adanya mata kuliah Kemuhammadiyahan. Standar kompetensi utama dari lulusan FIK ditetapkan berorientasi kepada kebutuhan kerja dari masing-masing profesi lulusan, seperti kompetensi di bidang Farmasi komunitas untuk Program Studi DIII Farmasi dan di bidang Laboratorium Medik untuk Program Studi DIII Analis Kesehatan.

Perkuliahan

Selain pelaksanaan perkuliahan tatap muka di ruangan, Pelaksanaan perkuliahan di FIK juga diisi oleh kegiatan Praktikum di Laboratorium dan Praktek Kerja Lapangan. Sesuai dengan ciri pendidikan vokasi yang mengutamakan penguasaan keterampilan dan keahlian, kurikulum DIII Farmasi dan DIII Analis Kesehatan memiliki beban SKS yang cenderung lebih banyak pada praktikum dan praktek. Penyusunan materi perkuliahan sendiri selalu dilakukan dengan mengacu pada Silabus dan SAP yang disesuaikan dengan persyaratan dan rekomendasi dari kurikulum pada masing-masing Organisasi Profesi baik tenaga DIII Farmasi dan DIII Analis Kesehatan.

Profil Lulusan

Lulusan dari FIK akan menyandang gelar Ahli Madya (A.Md) disesuaikan dengan Program studi yang ditempuh, yaitu Ahli Madya Farmasi (A.Md.Farm.) dan Ahli Madya Analis Kesehatan (A.Md.AK.). Keseluruhan lulusan FIK tidak hanya dibekali keterampilan teknis sebagai tenaga vokasi kesehatan, namun juga mampu menunjukkan sikap handal, mandiri, bermental siap kerja, memiliki jiwa profesional, serta selalu menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki berdasarkan IPTEK dan IMTAQ. Saat ini sebagian besar lulusan dari Program Studi di FIK telah bekerja sesuai dengan bidang pendidikan yang ditempuh semasa perkuliahan maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Prospek Kerja

Besarnya potensi prospek kerja dari lulusan FIK menjadi salah satu alasan tingginya minat masyarakat untuk menjadi mahasiswa di FIK. Lulusan FIK tidak hanya dapat bekerja di berbagai instansi kesehatan baik negeri maupun swasta seperti Apotik, Rumah Sakit, Laboratorium klinik, Pedagang Besar Farmasi, Puskesmas, Dinas Kesehatan, maupun Toko Obat, namun juga dapat menjadi seorang wirausaha kesehatan seperti pengusaha obat tradisional. Selain itu lulusan FIK juga dibekali keahlian dan keterampilan untuk berkarir di bidang non-kesehatan seperti pemerintahan, pendidikan, perbankan, maupun bidang-bidang lainnya.

 

Informasi lebih lanjut dapat dilihat dan diklik dibawah ini :

Website : Fakultas Ilmu Kesehatan