Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Bimbingan Konseling

Pendidikan Ekonomi

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi


Visi FKIP UM Palangkaraya

Pada Tahun 2020 menjadi lembaga pendidikan yang unggul di kawasan Kalimantan dalam menghasilkan sarjana pendidikan yang cerdas dalam intelektual, Spritual, Emosional, Sosial yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT

Misi FKIP UM Palangkaraya

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, yang berorientasi kepada keunggulan teknologi pengajaran di setiap jenis dan jenjang pendidikan.
  2. Mengembangkan inovasi metode pendidikan dan pengajaran dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  3. Melaksanakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan pengembangan ilmu, dan teknologi pengajaran.
  4. Mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan pengembangan ilmu pendidikan, dan  teknologi  pengajaran.
  5. Mendorong Program Studi untuk mengembangkan keunggulannya sesuai dengan disiplin ilmu yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  6. Membina kehidupan akademik yang demokratis, dinamis, sehat serta bertanggung jawab sesuai dengan statuta dan tata pamong UM Palangkaraya dengan mendayagunakan sumberdaya yang ada secara optimal, akuntabel, dan berkelanjutan.
  7. Mengembangkan fakultas sebagai wahana dakwah untuk mengembangkan ketaqwaan dan keimanan civitas akademika

Deskripsi :

FKIP UM Palangkaraya telah berdiri sejak tahun 1990 dan telah menghasilkan banyak lulusan yang tersebar di lembaga-lembaga pendidikan yang berkualitas di wilayah Kalimantan dan wilayah-wilayah lainnya.. Karenanya, FKIP UM Palangkaraya senantiasa meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dan siap bersaing dengan LPTK lainnya. FKIP UM Palangkaraya memiliki infra struktur yang memadai, SDM yang unggul, proses pembelajaran yang berbasis ICT, Islami, dan kekuatan lainnya. FKIP UM Palangkaraya memiliki program studi yang telah diakui oleh Kementrian Riset dan Teknologi (Kemristek Dikti) dan Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan program studi yang dimiliki yaitu :

1. Pendidikan Ekonomi (akreditasi B) ;

2. Bimbingan dan Konseling (akreditasi B) ;

3. PGSD (akreditasi B); 

4. Pendidikan Teknologi Infomrasi (akreditasi C)

Kurikulum :

FKIP UM Palangkaraya memiliki kurikulum yang dapat mendukung peserta didik menjadi seorang Sarjana Pendidikan yang cerdas dalam intelektual, Spritual, Emosional, Sosial yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Untuk menjadikan lulusan sesuai dengan profil tersebut, maka standar kompetensi utama lulusan antara lain mampu menerapkan IPTEK yang berhubungan dengan metode pelaksanaan bidang pendidikan dan kependidikan, mampu merancang dan merencanakan pembelajaran dengan baik, Kurikulum program studi dilingkungan FKIP UM Palangkaraya telah berdasarkan yang telah ditetapkan pemerintah yaitu kurikulum KKNI. 

Perkuliahan

Proses pembelajaran mahasiswa dilingkungan FKIP UM Palangkaraya selain berdasarkan pada teori di kelas, peserta didik juga diberikan praktikum langsung di lapangan dan di laboratorium menggunakan sarana dan prasarana yang telah memiliki spesifikasi yang sangat mendukung. Mekanisme penyusunan materi kuliah dan monitoring perkuliahan sudah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Profil Lulusan

FKIP UM Palangkaraya menciptakan Sarjana Pendidikan yang memiliki keunggulan menjadi insan yang cerdas intelektual maknanya cerdas, kreatif, inovatif, obyektif, tangkas, dan menjadi solusi bagi lingkungan ; cerdas spiritual maknanya taat mengamalkan ajaran agama, rajin beribadah, berakhlak mulia, berhati nurani, dan layak menjadi teladan ; cerdas emosional maknanya sadar akan diri sendiri, berprinsip lebih baik ”memberi” daripada ”menerima”, berempati, bersemangat untuk berprestasi, dan pandai bekerjasama ; cerdas sosial maknanya bermanfaat bagi lingkungan, toleran, menghargai orang lain, gemar bersilaturahmi, merasa menjadi bagian tak terpisahkan dari lingkungan sosial, dan merasa bertanggungjawab menjadi elemen persyarikatan Muhammadiyah. Lulusan FKIP UM Palangkaraya akan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Prospek Kerja :

Berikut prospek kerja dalam FKIP sesuai program studi :

1. Bimbingan dan konseling (BK)

Mendidik tenaga profesional bidang layanan bimbingan dan konseling sekolah, keluarga dan masyarakat, prospek kerja : guru, dosen, konsultan BK, PNS non-pendidikan. BNN, BKKBN, dinas sosial

2. Pendidikan Ekonomi

Lulusan mempunyai lapangan kerja baik di kependidikan maupun di bidang bisnis, perbankan dan pemerintahan. Sebagian alumni menjadi Guru Ekonomi, Manajemen, Perkantoran, IPS, Bisnis dan Akuntansi di Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan. Beberapa alumni juga menjadi peneliti dan konsultan bidang keuangan baik asuransi, perbankan, koperasi dan multi finance dan lembaga swadaya masyarakat. Sebagian alumni yang lain mengembangkan karirnya sebagai Manajer, supervisor dan operator perbankan, asuransi, wara laba, property, asuransi dan leasing

3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Mendidik tenaga profesional bidang pendidikan jenjang sekolah dasar., Prospek kerja : guru, dosen, peneliti, diknas, bimbingan belajar, penerbit, penulis.

4. Pendidikan Teknologi Informasi

Pendidikan Teknologi Informatika menciptakan lulusan menjadi tenaga pendidik atau guru, sesuai dengan tingkat pendidikan yang membutuhkannya. Selain itu, lulusan Pendidikan Teknologi Informatika juga memiliki peluang kerja sebagai tenaga : a) tata usaha atau administrasi sekolah ; b) programmer di lembaga-lembaga pendidikan ; c) pengelola sumber belajar, dan d) teknisi dan pengelola jaringan komputer di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

 Informasi lebih lanjut dapat dilihat dan diklik dibawah ini :

Website : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan