Fakultas Pertanian Dan Kehutanan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Agroteknologi

Kehutanan


Deskripsi:

Kalimantan Tengah mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah dan mempunyai keunikan terutama pada tipe habitatnya yaitu rawa gambut. Potensi ini membuka peluang untuk membuat kajian ilmiah bertajuk rawa gambut untuk bidang kehutanan dan budidaya pertanian modern (Agroteknologi). Kalimantan tengah mempunyai potensi yang sangat besar, akan sangat disayangkan jika sumber daya manusia yang ada tidak bisa mendukung untuk pemanfaatan dan pemberdayaannya, sehingga dinilai sangat perlu adanya peningkatan sumber daya manusia untuk bisa mengelola sumber daya alam tersebut lebih optimal. Perlu diciptakan ahli local untuk mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada, jangan hanya bergantung pada ahli dari luar Kalimantan Tengah.

Fakultas Pertanian dan Kehutanan (Fapertahut) mempunyai dua program studi yaitu Agroteknologi dan kehutanan yang berorientasi pada ilmu tentang rawa gambut dan budidaya pertanian di lahan gambut. Fapertahut mengedepankan mata kuliah yang berorientasi pada praktek langsung di lapangan disamping teori dalam kelas untuk mempersiapkan lulusan yang handal di lapangan. Mahasiswa Fapertahut handal untuk berbagai macam bidang seperti ahli survey bidang kehutanan, analisa social ekonomi masyarakat dengan program pendampingan, ahli perbenihan tanaman hutan dan pemuliaan pohon, penelitian tentang satwa liar dan ilmu tanah, ahli untuk tanaman perkebunan, budidaya hidroponik dan hortikultura termasuk pertanian terapung, ahli mengolah hasil produksi pertanian local seperti kelakai, pisang, cabe, obat tradisional, dan tanaman hias, serta ahli mengolah lahan gambut untuk tanaman pertanian semusim tanpa membakar lahan.

Prospek kerja lulusan Fapertahut adalah di lembaga pemerintah yaitu Dinas Pertanian, penyuluh Pertanian, Badan ketahanan Pangan, Wiraswasta bidang pertanian, Lembaga Riset, Perusahaan swasta bidang pertanian dan kehutanan, lembaga survey lapangan lengkap dengan keterampilan GIS dan kemampuan yang baik dalam mengidentifikasi keanekaragaman hayati yang ada di Kalimantan Tengah.

Fapertahut telah bekerjasama dengan berbagai pihak dari lembaga/instansi pemerintah  seperti BPDAS Kahayan, BKSDA Kalimantan tengah, BP2HP Kalimantan Tengah, Taman Nasional Sebangau, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Tengah, BPTP Kalimantan Tengah, Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Kalimantan Tengah, badan Ketahanan Pangan, Pemerintah Kota Palangka raya, Balitbang Pertanian Pusat, Balitbang Kehutanan Pusat dan Korem 102/panju Panjung sedangkan kerjasama dengan lembaga riset dan bisnis meliputi  PT Jamu Sidomuncul,  BOSF Nyaru Menteng, R20 Indonesia, PT Tai Young Engreen, PT Hutan Amanah Lestari (Kalla Group), Borneo Nature Foundation (BNF), Forest carbon, PT Best Agro Internasional, PT Bumitama Gunajaya Agro, USAID IFACS, USAID LESTARI, Yayasan Permakultur Indonesia, Center for International Forestry Research (CIFOR), dan kerjasama riset bersama ICCTF (Indonesia Climate Changes Trust Fund), Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta, Oxford Brookes University (Inggris), dan beberapa pakar pertanian dan kehutanan dunia.

 

Informasi lebih lanjut dapat dilihat dan diklik dibawah ini :

Website : Fakultas Pertanian dan Kehutanan