Pengajar

Daftar Pengajar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Staf

Daftar Staf Universitas Muhammadiyah

Penerimaan Mahasiswa

Informasi Tentang Pendaftran Calon Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Kutipan Al-Qur'an

"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yg berbuat baik."

(Q.S. Al A raf : 56)

Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Pendidikan Agama Islam

Akreditasi: B
E-mail: -
Fakultas: Agama Islam

 

Deskripsi:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya memiliki tujuanmenjadi pusat pengembangan ilmu dan budaya Islam dalam pembangunan nasional dan regional dalam upaya mengantisipasi era globalisasi. Menghasilkan sarjana yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, berakhlak tinggi, berwawasan keilmuan, profesional dan mempunyai keunggulan ilmu sehingga mampu bersaing di era globalisasi. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan daya saing bangsa. Mampu melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan, menginovasi, serta mengimplementasi program pembelajaran PAI dengan 4 kompetensi utama yang menjadi landasan bagi lulusan calon pendidik pendidikan agama Islam yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian.

Visi :
“Mewujudkan Program Studi PAI yang Unggul dalam Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2018”
Misi :
a. Mengembangkan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta mmemberikan keteladanan nilai-nilai Islam
b. Menyelenggarakan pembelajaran calon lulusan Pendidikan Agama Islam yang kompetitif dan berdaya saing tinggi
c. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat dan bidang pendidikan dan keIslaman

Kurikulum :
Program studi pendidikan agama Islam memiliki kurikulum yang mengarahkan mahasiswa menjadi pendidik yang professional dengan memiliki beberapa karakter dan criteria tersendiri dengan tujuan dapat mendidik peserta didik menjadi insane yang berkualitas dengan berwawsan intelektua tinggi, Untuk menjadikan lulusan sesuai dengan profil tersebut, maka standar kompetensi utama lulusan antara lain memiliki 4 kompetensi seorang pendidik yang professional, mampu berinovasi dan berkreasi dalam melaksanakan proses pembelajaran antara lain strategi metode serta rancangan pembelajaran. Kurikulum program studi pendidikan agama Islam terdapat beberapa bagian yaitu mata kuliah pengembangan kepribadian, mata kuliah keilmuan dan keterampilan, mata kuliah keahlian berkarya, mata kuliah keahlian prilaku berkarya, dan mata kuliah berkehidupan bermasyarakat.

Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Pendidikan Agama Islam (S.Pd.I.).

Profil Lulusan :

Tenaga pendidik    Menjadi pendidik yang professional sesuai dengan standar yang berlaku pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, SMK, dengan mata pelajaran yang sesuai dengan keahlian yaitu pendidikan agama Islam. Dan mampu memberikan pengembangan pada pembelajaran.
Peneliti Mampu meneliti secara professional yang dapat menemukan masalah, memecahkan masalah, serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang muncul, khususnya pada konteks pendidikan agama Islam.
Pendakwah Mampu memberikan nasihat dan motivasi yang berlandaskan akan agama Islam.

Prospek Kerja:

Lulusan PAI diharapkan mampu memberikan wahana baru untuk dapat mengembangkan program pembelajaran sesuai dengan kapasitasnya. menghasilkan sarjana yang ahli dalam bidang pendidikan khususnya pada pengajaran agama Islam, yang menguasai materi dan metodologinya. Jurusan ini menyiapkan sarjana bidang keguruan agama Islam yang profesional untuk mengajar pada jenjang Madrasah Aliyah dan yang sederajat yang memiliki jiwa kompetitif dan berdaya saing tinggi. Menghasilkan lulusan pendidikan agama Islam yang memiliki kompetensi paedagogis, profesional, sosial, serta kepribadian yang terbalut dalam kawasan Islami. Lulusan juga diharapkan mampu merencanakan, melaksanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pendidikan dan pembelajaran. Menghasilkan lulusan pendidikan agama Islam yang mampu memanfaatkan teknologi secara kreatif dan inovatif, serta sumber belajar dalam pendidikan dan pembelajaran. Dan juga memiliki calon lulusan pendidikan agama Islam yang berakhlak menjadi suri tauladan.